Baca Doa ini Saat Terkena Musibah

Baca Doa ini Saat Terkena Musibah – Musibah merupakan kejadian yang sangat menyedihkan menimpa umat manusia.  Musibah dapat terjadi kapan saja dan kepada siapa saja.

Akan tetapi untuk beberapa orang. Musibah merupakan cara penghapusan dosa untuknya. Tergantung bagaimana ia menyikapi musibah yang menimpanya itu.

Banyak penyebab musibah dapat terjadi pada kita salah satunya dapat terjadi karena akibat memperturutkan nafsu (QS asy-Syura 30 dan Thaha 81), atau kebodohan manusia

Untuk itu, kita sebagai umat islam harus selalu bisa bersyukur dalam kondisi apapun. Ada banyak cara untuk kita dapat bersyukur meskipun saat terkena oleh musibah.

Salah satunya yaitu dengan cara berdoa.  Seluruh bencana yang terjalin ialah kehendak Allah SWT. Terdapat bencana yang diberikan bagaikan wujud cobaan, supaya keimanan umat muslim bertambah.

Serta terdapat pula bencana yang diturunkan bagaikan wujud peringatan sebab perbuatan manusia yang telah melampaui batasan. Allahu a’ lam.

Allah membagikan cobaan kepada manusia melainkan buat menguji keimanan. Sehingga manusia kembali ke jalur yang benar.

…لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…” (Q.S Al Baqarah:286)

Dan untuk itulah. Meskipun sedang terkena oleh musibah. Kita sebagai umat islam sangat diajurkan untuk tetap berdoa.

Berikut doa yang dapat kamu bacakan saat tertimpa musibah.

Doa terkena musibah pertama.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التّرَدِّي، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ، وَالْحَرَقِ، وَالْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغاً ٭ رواه ابو داود

Yang artinya adalah

: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kejatuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar dan pikun. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan mundur dari agama-Mu (murtad), dan aku berlindung padaMu apabila mati karma di sengat“. (HR Abu Daud)”.

Baca juga : Download Maktabah Syamilah

Doa terkena musibah kedua.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Yang artinya adalah :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Doa Terkena Musibah ketiga.

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Yang artinya adalah :

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

Doa diatas dapat membuat kita selalu dalam lindungan allah Swt sang pencipta alam semesta. Selain itu kita akan selalu diberikan kekuatan untuk dapat mengadapi musibah yang kita hadapi tersebut.

Bila takdir Allah lebih dari ataupun sama dengan harapan orang tersebut, ia memperoleh berkah. Kebalikannya, bila takdir Allah yang terjalin kurang dari hajatnya, orang itu dikatakan memperoleh bencana. Terus menjadi besar perbandingan antara kemauan manusia serta takdir Allah yang terjalin, terus menjadi besar pula bencana yang dialami. Dapatkan toko buku islam di https://wisatabuku.com bagi yang mencari buku – buku Islami.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!