Inilah Beberapa Bahan Makanan yang Baik untuk MPASI

Bayi baru lahir memerlukan ASI sebagai makanan utama dan satu-satunya untuk memperkuat sistem imunnya. Hingga usia 6 bulan hanya ASI saja yang sebaiknya diberikan sembari menunggu sistem pencernaan bayi menjadi lebih stabil. Setelah menginjak usia 6 bulan ke atas, barulah bayi bisa dikenalkan secara perlahan-lahan pada menu makanan lainnya selain ASI. Akan tetapi karena belum memiliki gigi dan sistem organ pencernaannya yang juga masih sensitif, maka tak semua bahan makanan baik untuk diberikan. Hal ini juga disebabkan kebutuhan nutrisi bayi untuk tumbuh kembangnya lebih besar sehingga sebisa mungkin makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang kaya nutrisi.

Lalu apa saja menu MPASI pertama bayi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sekaligus aman untuk dikonsumsi agar tak mengganggu organ pencernaannya? Berikut ini adalah beberapa menu yang bisa Anda andalkan untuk makanan bayi usia 6 bulan:

  1. Bubur buah.
    Buah sudah umum digunakan untuk makanan bayi usia 6 bulan. Tetapi tentu saja tak sembarang buah karena disesuaikan dengan kandungan nutrisinya. Yang paling banyak digunakan adalah buah pisang, pepaya, alpukat dan pir. Buah di blender hingga halus baru kemudian di sendok sedikit demi sedikit.
  2. Bubur susu.
    Bahan dasar yang digunakan bukan hanya susu bubuk saja namun juga tepung beras merah sehingga tekstur buburnya lebih padat dan mengenyangkan. Beras merah dan susu sudah dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari bayi.
  3. Oatmeal.
    Oatmeal juga baik untuk bayi usia 6 bulan dan seterusnya. Tambahkan air hangat dan tunggu hingga oatmeal mengembang kemudian berikan pada bayi.

Itulah beberapa daftar menu MPASI sehat untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Selain dari menu tersebut di atas, pastinya masih banyak lagi menu-menus sehat lainnya yang bisa Anda coba. Yang paling penting adalah kandungan nutrisi yang ada pada bahan makanan tersebut dan bagaimana cara Anda mengolahnya agar bayi tidak tersedak. Namun untuk bahan yang memiliki faktor allergen besar seperti udang, ikan dan coklat, sebaiknya diberikan setelah bayi berusia 1 tahun.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!