Sejarah Akuntansi Dunia

Inilah Sekilas Sejarah Akuntansi Dunia

Banyak orang tidak tahu tentang sejarah akuntansi. Karena sejarah ilmu ini menjadi lokasi yang bermanfaat bagi kehidupan tanpa menyadarinya. Di bawah ini adalah sejarah akuntansi global:

Sejarah akuntansi dunia

Keberadaan sistem akuntansi sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum peradaban uang, semua orang akrab dengan sistem akuntansi.
Dalam prasasti Mesir dan Mesopotamia kuno, ada sistem catatan akuntansi. Dengan kata lain, sejarah akuntansi telah digunakan dalam budaya Mesir kuno dan Mesopotamia.

Sejarawan mengklaim bahwa sistem akuntansi mulai dikenal sebagai cara transaksi jual beli. Karena itu, setiap operator selalu mencatat semua transaksi yang terjadi setiap hari. Tetapi tidak pasti kapan tepatnya sistem akuntansi dimulai.

Setelah abad ke-13, terjadi perubahan budaya. Dimana sistem ekonomi akrab dengan salah satu transaksi jual beli dengan benda yang disebut uang.

Sejak itu, orang – orang juga mulai sangat berhati-hati ketika menghitung laba bersih yang diperoleh. Untuk melakukan ini, ia mengawasi transaksi pembelian dan penjualan.

Pada 1458 ada revolusi dalam akuntansi ketika Benedetto Cotrugli telah menciptakan sistem akuntansi baru, entri ganda. Dimana dalam sistem pencatatan akuntansi terdiri dari 2 yaitu, debit dan kredit.

Dalam peraturan yang dibuat oleh Benedetto Cotrugli, ditetapkan bahwa debit dan kredit harus seimbang. Maka tidak ada kerugian.

Manfaat dari sistem akuntansi entri ganda adalah memungkinkan sistem akuntansi yang jauh lebih sistematis. Kemudian diikuti oleh laporan keuangan yang jauh lebih terintegrasi.

Baca juga : Syarat Laporan SPT Tahunan

Pada 1494, Luca Bartolomes Pacioli telah menulis buku berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propotionallia. Salah satu hal yang dibahas dalam buku ini adalah tentang sistem perekaman entri ganda, tepatnya dalam subbagian Tractus dari Computies et Scriptoris. Buku ini menjadi buku tentang akuntansi untuk pertama kalinya.

Jadi Luca Bartolomes Pacioli menciptakan sistem rekaman baru. Sistem ini dilakukan dengan mencatat dalam memorandum, buku harian dan buku akuntansi. Dengan demikian, Luca Bartolomes Pacioli memperoleh gelar / gelar sebagai bapak akuntansi dunia.

Dengan buku yang ia tulis tentang akuntansi, ia juga memiliki pengaruh di Roma. Yang kemudian berlaku untuk semua suster akuntansi sesuai dengan arahan Luca Bartolomes Pacioli dalam bukunya.

Setelah tiba di Roma, bukunya tentang akuntansi menyebar ke seluruh Eropa Barat. Kemudian buku besar mulai dikembangkan oleh beberapa penulis baru.

Seiring berjalannya waktu, akuntansi mulai diakui sebagai suatu disiplin ilmu. Dengan kata lain, akuntansi telah resmi menjadi ilmu. Kemudian, dalam Perang Dunia II, akuntansi memiliki pengaruh besar pada negara-negara Eropa,

Perkembangan akuntansi juga menjadi sangat cepat. Ini ditunjukkan oleh keberadaan organisasi pertama yang didedikasikan untuk layanan akuntansi. Organisasi akuntansi di Skotlandia dan didirikan pada 1854.

Kemudian muncul istilah baru tentang profesi di organisasi akuntansi Skotlandia. Pada saat itu, seorang akuntan disebut Akuntan Publik. Kemudian perlahan akuntansi dikenal sebagai ilmu dan banyak orang belajar dan bekerja di bidang akuntansi.

Dengan adanya Finata.id, perkembangan sejarah akuntansi modern juga jelas. Itu ada beberapa jenis perhitungan akuntansi. Karena itu, Anda dapat melakukan semua perhitungan dengan sangat efektif dan akurat hanya dengan Finata.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!